Minggu, 01 Maret 2015

Batu Akik Kalimaya Asal Banten Akan Dipatenkan

Batu Kalimaya Masuk Jajaran 10 Batu Mulia Termahal di Dunia

Karena masuk jajaran 10 batu mulia termahal di dunia, batu akik Kalimaya asal Banten akan di patenkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten.
"Kita akan buat (Hak Paten) untuk Kalimaya Banten. Kita sepakat sebelum tanggal 21 April 2015 pameran batu mulia yang akan diikuti pengrajin dan pengusaha batu di Jakarta. Selain mengikuti pameran, para pengusaha batu juga diminta memaparkan ciri khas batu dari daerah masing-masing," kata Kepala Disperindag Provinsi Banten, Mashuri, di ruangannya yang berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis (26/2).
Batu akik asal Cimarga, Kabupaten Lebak ini memang sudah terkenal ke seluruh dunia dan akan di daftarkan ke hak paten ke Direktorat Jendrakl Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
"Batu ini bisa menembus harga 2.500 dolar per karat. Kalau sudah dipatenkan, kan sudah aman dari pengakuan dari daerah lain bahkan Negara lain," terangnya.
Batu akik Kalimaya ini bahkan harganya di anggap menyamai Beryl Emerald, Blue Garnet, dan Jadeite. Bahkan selebritis dunia sekelas Taylor Swift memakainya di acara Grammy Awards.
"Di Cilegon juga ada batu fosil kayu. Itu kita lihat juga mungkin ada di Banten yang khas," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar